Neuro-Logical Level

NLP dan NLLSalah satu model penting dalam NLP adalah Neuro Logical Level (NLL), yang dikembangkan oleh Robert Dilts berdasarkan pemikiran awal dari Gregory Bateson. NLL ini berguna sekali dipakai sebagai model dalam menerapkan berbagai teknik NLP.

Ada beberapa pandangan yang berbeda di NLP mengenai NLL ini, ada yang melihatnya sebagai level hirarkis, ada yang memperlakukannya sebagai lingkaran konsentris, dan ada pula yang melihat sebagai berkoneksi satu sama lain secara sejajar. Dari manapun Anda memandang model ini, tetaplah akan berguna dengan baik.

1. Spiritual

Sering disebut sebagai “beyond identity connection”.

  • Dalam konteks kehidupan seseorang dapat berarti Agama, Spiritualitas atau Kepercayaan.
  • Dalam konteks organisasi, dapat berarti visi dan misi.

Level ini menjawab pertanyaan “Untuk siapa/apa?” Apa yang kita pikirkan dan lakukan di dalam konteks tertentu, mewakili sebuah tujuan yang lebih tinggi di luar diri kita.

2. Identitas

Adalah model mengenai diri Anda sendiri. Sering disebut sebagai, citra diri, gambaran diri, jati diri Anda ataupun identitas diri. Level ini untuk menjawab pertanyaan “Siapa saya?” Dalam bisnis, atau dunia kerja adalah identitas perusahaan.

3. Nilai-nilai dan keyakinan

Keyakinan adalah prinsip yang akan membimbing langkah hidup kita, apa yang kita percayai dan yakini sebagai hubungan sebab-akibat berdasarkan peng-inderaan kita terhadap sekitar kita. Apa alasan kita memikirkan dan melakukan sesuatu di sebuah konteks tertentu. Nilai-nilai adalah apa yang penting dan yang kita cari. Menjelaskan bagaimana kita memberikan penilaian baik – buruk, penting – tidak penting atas suatu hal. Level ini menjawab pertanyaan “Kenapa?” , memberikan arahan mana yang boleh dan tidak boleh kita lakukan. Dalam organisasi / bisnis, ini adalah rule of the games yang harus dipatuhi.

4. Kemampuan

Adalah sama dengan skill, yakni level kemampuan kita atas perilaku tertentu. Ini menyangkut kemampuan yang sudah kita tunjukan maupun belum kita kembangkan sepenuhnya. Melingkupi berpikir strategis maupun skill fisik. Level ini menjawab pertanyaan “Bagaimana?”, apa yang mampu kita lakukan di konteks tertentu. Dalam organisasi / bisnis merupakan suatu prosedur / proses bisnis yang disepakati.

5. Perilaku

Level ini menjawab pertanyaan “Apa yang Anda lakukan maupun pikirkan?” Merupakan adalah bagian yang terlihat secara indrawi oleh orang lain.

6. Lingkungan

Level ini menjawab pertanyaan “Di mana, kapan, dan siapa yang terlibat?” Meliputi pengertian di konteks mana suatu hal terjadi, apakah konteks pekerjaan, keluarga, masyarakat, negara, dunia dan lainnya.

 

 

Speak Your Mind

*